Sedang mencari wisata alam ramah anak? Lembang punya jawabannya. Banyak sekali tempat wisata menarik yang dibangun di Lembang saat ini. Keuntungan letaknya yang strategis dengan Jakarta, membuat Lembang selalu menjadi pilihan utama untuk berlibur. Sebetulnya, cukup banyak tempat yang bisa direkomendasikan. Pada artikel ini, aku coba buatkan ulasan tempat wisata Lembang yang ramah anak. Yuk kita mulai jalan-jalan.

1. Orchid Forest Cikole

Pandemi saat ini membuat wisata alam terbuka semakin diminati. Ruang terbuka dianggap lebih aman untuk dikunjungi dibandingkan Mall atau wisata dalam ruangan. Salah satu tempat menenangkan yang bisa gengs kunjungi adalah Orchid Forest Cikole. Tempat ini favorit banget untuk yang suka dengan tanaman Anggrek. Sesuai dengan namanya, orchid merupakan tempat wisata pengembangbiakan ratusan anggrek sekaligus tempat wisata alam hutan pinus. Karena daerahnya berada dekat gunung Tangkuban Perahu, bagi yang mau kesana persiapan bawa jaket ya.

Wisata alam Lembang
Pemandangan hutan pinus menyambut kedatangan kita di Orchid Forest

Memasuki wilayah orchid udara dingin dan angin sejuk langsung membuat beban berat terasa ringan. Jajaran hutan pinus dan alunan musik yang dipasang pada speaker-speaker membuat suasananya jadi lebih tenang. Pintu masuknya memang di buat dari atas bukit, hingga untuk menyusuri arealnya kita akan berjalan turun. Apa saja yang bisa dinikmati saat berwisata ke Orchid?

WISATA LEMBANG RAMAH ANAK
Orchid Castle menarik buat anak

 

Yang pertama ada Orchid House sebuah rumah kaca yang berisi beragam anggrek lokal maupun internasional. Lalu, Orchid Castle playground nyaman dengan bermacam wahana untuk anak-anak. Disana anak-anak bisa bermain flying fox mini, ayunan, perosotan, seluncur, mobil-mobilan, dan masih banyak lagi. Tempatnya nyaman dan pasti anak-anak akan betah. Area Mini golf, Rabbit forest, jembatan kayu dan jembatan gantung menambah keseruan gak cuma anak-anak tapi juga orang dewasa. Spot foto keren jangan ditanya, kece banget! Untuk tiket masuk Orchid forestĀ sekarang adalah Rp.40.000,-/ orang. Belum termasuk area bermain di dalamnya Yang belum pernah kesana, wajib masukkan tempat ini ke daftar list ya

2. Floating Market

Kalau tadi mata dimanjakan dengan bunga anggrek dan pohon pinus. Di Floating Market, kita akan menikmati pemandangan danau terawat dengan pilihan suasana ala Jepang, Korea bahkan suasana persawahan. Buatku, jika ingin berwisata ke Lembang dengan waktu terbatas. Floating Market solusinya. Disini ada beragam tempat yang bisa dikunjungi dalam satu areal. Spot foto banyak, area bermain anak lengkap, buat rileksasi ada, buat makan juga ada. Cuma mau memandang danau sambil ngopi bisa.

wisata ke kota mini
Kota Mini (Dok pribadi)

Hanya membayar tiket masuk, kita bisa menukarkanya dengan minuman. Super lengkap deh untuk anak-anak, KOTA MINI wajib buat dikunjungi. Area bermain untuk anak perempuan dan laki-laki tersedia disana. Saking banyaknya, kadang emaknya bingung mau bawa anak main kemana dulu hehe.. Selain itu, disini ada area Miniatur Kereta Api terbesar loh, seru banget mengajak anak untuk mengeksplorasi wahana ini. Mereka bisa melihat panjangnya rel kereta dan mengikuti kereta mini itu berjalan.

3. Jendela Alam

Jendela alam konsepnya unik, memberikan edukasi tentang beternak dan mencintai hewan. Wisata di Jendela alam mengajarkan tentang proses pada anak-anak. Anak akan dibawa memilih makanan langsung dari kebun sayuran yang nantinya akan dijadikan pakan ternak. Lalu, sayuran yang sudah dipilih akan dicuci lalu dibawa ke setiap kandang hewan.

Setelah itu, anak akan memberikan makan hewan-hewan disana secara langsung. Buat anak, aktivitas nyata ini menjadi pengalaman baru bagi mereka. Dalam satu hari, mereka akan merasakan bagaimana cara memberi makan rusa, kelinci, ikan, marmut, sapi, kambing dan kuda secara langsung. Seru banget ya!

Tidak lupa kalau anak-anak lelah, ada tempat bermain juga seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit. Kalau ingin memberikan wisata sekalian belajar, Jendela Alam jadi tempat yang tepat.

Baca juga yuk pengalamanku berwisata horor ke tempat syutingnya pengabdi setan.

4. Lembang Park and Zoo

Anak-anak selalu suka dengan hewan. Sekarang di Lembang ada kebun binatang baru dengan versi yang lebih modern. Lembang park zoo tidak seperti kebun binatang biasa. Disini suasana dan lingkungannya lebih terasa kekinian.

Dilengkapi dengan taman, kafe, dan spot berfoto. Area kebun binatang terasa lebih segar dan bersih untuk berwisata. Sayangnya memang koleksi binatangnya tidak selengkap kebun binatang ‘original’. Tetapi, binatang yang seringkali disebut anak-anak sudah pasti ada. Jika berkesempatan datang ke Lembang. Gak ada salahnya ajak anak-anak kesini. Lokasinya pun tidak jauh dari Jendela Alam kok.

5. Dusun Bambu

Mengenal hutan, udah. Peternakan, udah. Danau, udah. Kebun binatang juga udah. Waktunya mengenal beragam jenis tumbuhan yuk. Nah, inilah konsep yang diusung Dusun Bambu.

Dusun bambu sebetulnya tempat sempurna untuk berwisata. Berkonsep wisata sehat, fasilitas penginapan, restoran dan taman bermain anak menyatu dengan alam. Jadi, kalau datang dari luar kota malah lebih simpel. Bisa sekalian menginap. Lucunya, ketika pulang bermain dari dusun bambu akan diberikan souvenir berupa tanaman yang bisa kita bawa pulang. Selain berwisata, kita pun diajak untuk melestarikan lingkungan bersama-sama. Menarik ya gengs?

Itulah kelima tempat wisata menarik berdasarkan pengalamanku sebagai ‘orang Lembang’ sendiri, jika dilihat dari kenyamanan anak-anak ketika berkunjung kesana. Faktor penting seorang emak saat memilih tempat liburan adalah ramah anak. Jadi, anak-anak senang adalah tanda bahwa suksesnya liburan. Ada yang tidak sependapat?

Wisata alam lainnya yang wajib dilirik adalah wisata ke daerah pantai, ayo yang kangen mantai tunjuk tangan!

Nah, dari kelima tempat wisata ramah anak di atas, manakah tempat yang ingin dikunjungi lebih dulu ketika ke Lembang?

5 Tempat Wisata Alam Ramah Anak di Lembang
Tagged on:                     
Nurul Afiati

Nurul Afiati

Hai, it's me. Seorang ibu dari dua anak super aktif. Penulis, blogger dan penikmat kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: