Berharap dapat melejitkan produktivitas, semenjak memiliki dua anak, aku selalu kewalahan ketika membagi waktu. Ada aja hal penting yang terlewat atau hal tidak penting malah dilakukan lebih dulu. Fokus? jangan tanya, ambyar semua. Tanpa disadari, imbasnya jadi sering marah-marah dan pusing sendiri. Walaupun sebetulnya tidak ada tuntutan untuk melakukan semua hal dalam satu hari. Tetapi, keseimbangan hidup bergantung dari bagaimana cara kita membagi waktu. Ada tanggung jawab sebagai seorang ibu, istri, anak, kakak dan diri sendiri yang harus diselesaikan. Masalahnya adalah mengasuh anak tidak ada batas waktu akhirnya, dan hal ini termasuk urusan prioritas. Jadi urusan lain mesti dialokasikan waktunya setelah keadaan anak-anak kondusif. Adakah yang mengalami hal sama?

Dari keadaan itu, aku mulai mencari cara efektif mengatur waktu agar semua hal bisa berjalan sesuai rencana. Mulai dari menyusun jadwal harian sampaimencari teknik manajemen waktu populer seperti Pomodoro dan Eat That Frog ini.

Pomodoro dan Eat Frog, dua teknik yang bisa melejitkan produktivitas

Teknik Pomodoro

Hayo, siapa yang kebalik setiap nyebut nama ini? Sama sih, aku pun sering tertukar antara pomodoro dengan podomoro. Hampir mirip soalnya ya

Apa sih pomodoro?

Pomodoro adalah salah satu teknik manajemen waktu yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo di akhir tahun 1980-an. Cirillo menemukan nama pomodoro karena terinspirasi dari sebuah kitchen timer berbentuk tomat yang digunakan ketika dia menjadi mahasiswa. Pomodoro dalam bahasa Italia berarti tomat.

pomodoro timer
Pomodoro timer (sumber : wikipedia)

The Pomodoro Technique was developed in the late 1980s by then university student Francesco Cirillo. Cirillo was struggling to focus on his studies and complete assignments. Feeling overwhelmed, he asked himself to commit to just 10 minutes of focused study time. Encouraged by the challenge, he found a tomato (pomodoro in Italian) shaped kitchen timer, and the Pomodoro technique was born. (source: To do ist)

Dari sanalah, teknik ini kemudian berkembang dan digunakan untuk membuat produktivitas melejit.

Bagaimana cara menggunakan teknik pomodoro?

Sebelum mempelajari caranya, perlu kita ketahui bahwa, pomodoro bertujuan untuk menciptakan ruang fokus dan mengurangi rasa ingin menunda-nunda. Maka, pembagian waktunya untuk setiap tugas dibagi ke dalam beberapa interval. Satu interval berdurasi 25 menit. Nah, berikut cara menggunakannya :

1.Pilih tugas mana yang paling membutuhkan energi besar untuk mengerjakannya. Silahkan lihat tugas apa saja yang akan dikerjakan dan klasifikasikan tugasnya.

2. Setelah memilih tugas mana yang akan dikerjakan, atur timer 25 menit untuk menuntaskannya.

3. Kerjakan tugas selama waktu berjalan tanpa distraksi apapun hingga alarm berbunyi.

4. Istirahat 5 menit

5. Setel kembali 25 menit untuk menyelesaikan tugas tadi, jika belum selesai. Ulangi langkah dua sampai tiga hingga tugas selesai. Tulis di kertas berapa interval yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tadi.

6. Jika ada tugas yang sudah dilakukan hingga 4 interval, lakukan istirahat lebih lama yaitu 20-30 menit.

Untuk memudahkan, bisa juga download aplikasi pomodoro di app store atau play store. Ada banyak pilihan kok.

aplikasi pomodoro
aplikasi pomodoro di play store

 

Eat Frog

eat frog
Foto : pexels.com/LexoSalazar

 

Teknik selanjutnya dinamakan Eat that Frog.

Eat a live frog every morning, and nothing worse will happen to you the rest of the day

Mark Twain

Eat that frog disini seperti sebuah ungkapan. Teknik ini digunakan untuk membuat rencana aksi dalam manajemen waktu. Maksud dari Eat that Frog adalah menyelesaikan tugas yang paling berat dan menantang di pagi hari saat kita masih memiliki energi yang besar. Cara ini pun banyak digunakan untuk mengefisiensikan waktu. Mau mencoba?

Cara menggunakan teknik Eat That Frog:

  1. Seperti biasa, buatlah daftar pekerjaan yang harus diselesaikan dalam satu hari.
  2. Pilih tugas mana yang paling sulit dan berat untuk dilakukan, urutkan di daftar pertama.
  3. Eat that frog!  kerjakan tugas secara berurutan dari daftar pertama pada pagi hari hingga selesai. Karena sudah pasti urutan pertama menjadi tugas paling berat.

Pengalaman Menggunakan Pomodoro

Melihat cara menggunakan kedua teknik di atas bukan hal yang sulit, kan? Namun prakteknya, banyak godaan datang  yang bisa mengacaukan rencana yang sudah kita buat. Untuk memudahkan, aku menggunakan aplikasi focus to do untuk mencoba teknik pomodoro. Awalnya agak bingung dan selalu sulit fokus untuk mengerjakan satu tugas dalam waktu 25 menit tanpa terganggu.

Ketika sekali berhasil menggunakannya, ternyata fokus membuat waktu lebih banyak tersisa. Aku bisa menulis 1 artikel hanya dalam 1 interval (25 menit) jika fokus. Biasanya, butuh waktu berjam-jam untuk buat artikel sepanjang 800 kata. Ya, dengan multitasking tentunya. Interupsinya banyak ahaha.. Kalau dikerjakan dengan fokus dan sudah riset-riset kecil sebelumnya. Ternyata waktu 25 menit itu jadi terasa panjang banget. Semuanya mengalir asyik.

Meskipun, belum sepenuhnya bisa melakukan teknik ini untuk semua kegiatan. Tetapi, teknik ini sepertinya efektif untuk meningkatkan produktivitas bagi pekerja. Jadi, yang belum pernah coba pomodoro, yuk cobain! Nanti ceritakan ya pengalamannya di kolom komentar.

Baca juga 5 Quotes yang buat produktivitas melejit yuk!

Pengalaman menggunakan Eat That Frog

Lain halnya dengan Pomodoro. Yap, teknik ‘makan kodok’ ini cocok banget ternyata digunakan untuk ibu rumah tangga. Secara tugas domestik seorang ibu yang banyak, kadang aku sendiri dibuat bingung mana dulu yang harus dikerjakan. Dengan teknik ini, dampak positifnya langsung terasa. Pekerjaan berat yang dikerjakan di awal hari dan selesai duluan, membuat pekerjaan lainnya terasa ringan. Buat aku tugas ‘frog’ itu diantaranya, menyetrika dan menulis. Jadi, ketika awal hari sudah mengerjakan itu kesananya langsung terasa lebih tenang.

 

Itulah kedua teknik manajemen waktu yang bisa diterapkan dalam mencapai produktivitas. Sebetulnya ada tiga teknik lainnya yang sudah aku tulis. Mungkin, gengs punya cara lain yang lebih efektif saat mengatur waktu. Senang sekali kalau kita saling kasih ide loh.. Silahkan share di kolom komentar ya..

Terima kasih kunjungannya,

search nurulafiati.com on google

 

 

Pomodoro dan Eat Frog Melejitkan Produktivitas
Tagged on:             
Nurul Afiati

Nurul Afiati

Hai, it's me. Seorang ibu dari dua anak super aktif. Penulis, blogger dan penikmat kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: