Buatku, bisa bergabung di ODOP Blogger Squad adalah suatu keberuntungan. Sebelumnya gak pernah terpikir sih untuk menjadi seorang blogger. Meskipun, tahu blog udah lama, untuk terjun serius ke dunia blogging rasanya masih jauh. Jika hanya melihat enak dan cuannya saja semua orang pasti tergiur, tapi rasakan deh perjuangannya. Butuh alokasi waktu khusus untuk mempelajari ilmunya dari awal. Memang butuh proses yang tidak instan untuk bisa menjadi blogger profesional. Makanya sebelum memutuskan jadi blogger, aku mencari alasan kuat untuk bertahan nge-blog, seperti the big why menulis di blog yang  aku tulis lalu.

The first thing you learn when you’re blogging is that people are one click away from leaving you. So you’ve got to get to the point, you can’t waste people’s time, you’ve got to give them some value for their limited attention span. ~Alex Tabarrok

odop blogger squad

Kenalan dengan ODOP Blogger Squad

Odop blogger squad adalah salah satu program yang diadakan oleh komunitas one day one post (Odop) dengan tujuan membuat setiap anggotanya belajar blog dari nol hingga nantinya tumbuh menjadi blogger profesional. Sebetulnya komunitas ini, memiliki beberapa program yang bisa diikuti selain OBS (Odop blogger squad), diantaranya RCO (Reading challenge odop), ONB (Odop nulis buku), ONP (Odop nulis platform) dan OTM (Odop tembus media). Untuk memfokuskan diri nge-blog aku pilih ikut RCO dan OBS saja tahun ini. Semoga ilmunya bisa aku ikuti perlahan tapi pasti.

Komunitas ini benar-benar menjadi wadah buat yang suka dengan literasi. Seleksi menjadi anggotanya pun tidak mudah, syaratnya harus menulis setiap hari tanpa henti dan alasan selama 3 bulan di blog atau media sosial. Setelah dinyatakan lulus, barulah peserta yang lulus dapat mengikuti program yang disediakan. Semuanya itu gratis. Tanpa dikenakan biaya sepeser pun. Jadi, gengs kalau mau ikutan komunitas ODOP, tunggu di waktu open registration ya.. jangan sia-siakan kesempatannya.

Yang dipelajari di kelas ODOP Blogger Squad

Kelas OBS biasanya diisi oleh pemateri berasal dari anggota ODOP yang sudah menjadi blogger profesional. Ada Mba Jihan Mawaddah, penulis blog jeyjingga yang langganan juara dalam kompetisi blog. Lalu, ada pula Mba Maritaningtyas, seorang blogger yang gak sungkan berbagi pengalamannya sebagai SEO Experts dengan blognya blogspedia dan Marita’s Palace.

Belajar dari para blogger hebat membuka wawasan dan ilmu baru buatku. Apalagi ilmu blogging itu terus berkembang, yang tidak mungkin didapat hanya dari sebuah buku. Belajar blog itu dinamis, sehingga selalu butuh mentor dan kawan-kawan sevisi untuk mencapai profesionalitas. OBS menjadi tempat terbaik untuk memulai, karena semua belajar dari nol.

The first step in blogging is not writing them but reading them. ~Jeff Jarvis

Materi dalam kelas ODOP Blogger Squad yang sudah dipelajari

Selama dua minggu ikut belajar di kelas OBS, ini materi yang aku dapat,

  • Menulis konsisten dengan artikel berkualitas
  • Menemukan alasan terbesar menulis blog
  • Mengenal adab blogging
  • Membuat domain TLD
  • Belajar SEO on page dan off page
  • Mempelajari dan memasang Google Analytic
  • dan masih banyak lagi materi yang akan dipelajari nantinya.

Pembahasan materi blog yang dibutuhkan seorang blogger, insya Allah dijelaskan dalam kelas ini. Setelah materi, setiap peserta diwajibkan mengerjakan tugas. Konsekuensi bagi yang tidak mengerjakan tugas harus dikeluarkan dari kelas yang sedang berjalan. Rugi banget sih, karena harus menunggu lagi tahun depan jika ingin belajar. Kalau di luaran, belajar ilmu blogging itu akan menghabiskan kocek yang gak sedikit. Sebisa mungkin bertahanlah di kelas Odop blogger squad, ilmunya ikhlas – berkualitas, hehe..

Buatku, nge-blog adalah salah satu cara untuk menjadi diri sendiri dan berkembang sesuai potensi. Pilihlah sebuah komunitas yang sesuai keahlian dan mendorong kita agar bisa berkontribusi. Insya Allah,

OBS bisa jadi langkah awal untuk menjadi blogger profesional. Ikutan yuk!

#ODOP #Bloggersquad #komunitas

ODOP Blogger Squad Langkah Awal Menjadi Blogger Profesional
Tagged on:     
Nurul Afiati

Nurul Afiati

Hai, it's me. Seorang ibu dari dua anak super aktif. Penulis, blogger dan penikmat kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: