Amalan ringan paling menakjubkan. Diantara buku lain,inilah salah satu buku yang buat aku menyesal banget. Bukan karena nyesel udah dibeli, tapi nyesel karena terlalu lama menunda untuk membeli. Udah lama sebetulnya, aku tertarik untuk baca buku karya Syekh Ali Jaber. Tetapi, rasa belum ‘darurat’ yang bikin kegoda untuk beli buku lainnya.

Berita meninggalnya Syekh Ali, akhirnya berhasil buat aku merasa ‘rugi’ belum baca bukunya waktu itu. Padahal isi di dalamnya itu benar-benar seperti wasiat yang ditinggalkan sang syekh untuk kita umat islam di dunia. Ketika membaca di bab pertama, tulisannya seolah syekh masih ada sedang bicara langsung, ceramah. Kenyataannya, orangnya sudah gak ada, hiks.. Rasa berduka itu terasa betul, meskipun belum pernah ketemu langsung beliau. Tetapi kehadiran beliau memberikan manfaat besar khususnya untuk umatInsya Allah, buku-buku beliau akan menjadi amal jariahnya. Bersyukur buku ini ada, karena banyak ilmu akhirat di dalamnya.

Maka, postingan ini sengaja aku buat untuk mereview isi buku Amalan Ringan Paling Menakjubkan, bagi yang belum memilikinya, boleh baca dulu reviewnya yuk!

buku syekh ali jaber
Amalan Ringan Paling Menakjubkan. Penulis : Syekh Ali Jaber

Februari 2021, pada akhirnya buku yang udah ditunggu-tunggu sebulan datang juga. Alhamdulillah, rasa gak sabar terobati. Buku dengan hard cover ini menampilkan gambar penulis yang sedang membaca dengan desain cover berwarna putih. Subhanallah, lagi-lagi bikin sedih. Oiya, buku yang aku pegang ini ternyata sudah cetakan yang kesepuluh. Diterbitkan oleh penerbit Zikrul Hakim dengan ukuran 15 x 23 cm.

Buku ini memiliki 23 Bab yang membahas tentang amalan-amalan sederhana yang jika dilakukan memiliki pahala luar biasa. Buku setebal 208 halaman, yang sama sekali tidak berat untuk diresapi. Gaya tulisannya seperti gaya bicara Syekh Ali, hingga membaca buku terasa mengalir seperti mendengar ceramah almarhum.

Kita tidak tahu amal shaleh mana yang menjaminkan husnul khatimah dan masuk surga. Bisa amal shaleh yang sederhana, yang remeh, yang kecil, tapi ternyata melalui amal itu, kita bisa terjamin masuk surga dan terjamin husnul khatimah.

Syekh Ali Jaber

Daftar Isi Buku

daftar isi buku syekh ali jaber
ini daftar isinya

daftar isi amalan ringan menakjubkan

Aku tulis lagi ya, daftar isinya!

  • 2 Amalan untuk mengatasi berbagai masalah dan mewujudkan hajat
  • 8 keberkahan dan keistimewaaan ibadah subuh
  • Amalan menuju husnul khatimah
  • keajaiban membaca Al-Quran
  • The power of doa #1
  • Keajaiban surah al mulk
  • Kiat mencetak anak shaleh dan shalehah
  • Amalan pengusir was-was
  • Kemuliaan taubat
  • Keutamaan sujud
  • kedahsyatan surah al ikhlas
  • The power of doa #2
  • Rahasia hajat cepat terwujud
  • Dzikir pembebas kesulitan
  • Keajaiban dzikir dan shalawat
  • Doa yang menjadi rebutan malaikat
  • 3 amalan agar hidup tidak merugi
  • Doa pembayar syukur
  • Kekuatan surah al fatihah
  • menggapai tabungan akhirat
  • 4 amalan utama hari jumat
  • Rahasia agar kita dihargai Allah

Dari 23 bab di atas, aku bahas dua bab yang paling menarik aja. Selebihnya,bisa dibaca lengkap melalui bukunya.

Amalan pengusir was-was

Amalan ini sengaja aku jadikan bahasan, karena perasaan ini melekat dalan kehidupan harian kita. Menjalani hidup setiap hari, kadang kita sering merasa gelisah, galau, atau ketakutan yang sebetulnya gak jelas penyebabnya. Bukan karena udah nonton horor ya, tapi cenderung memikirkan sesuatu yang belum pasti terjadi seolah-olah sudah terjadi. Khawatir dan was-was gak jelas sebetulnya bukan pertanda sesuatu. Tetapi, biasanya itu menganggu.

Menurut Syekh Ali, perasaan seperti itu memang umum hinggap di pikiran manusia. Berdasarkan pengamatan beliau, sebagian orang Indonesia sayangnya malah mempercayai orang pintar untuk mengatasi itu. Padahal ada cara yang lebih efektif, mudah, sesuai syariat dan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Amalan ini bisa kita gunakan kapan pun saat kita sedang gelisah, takut, was-was. Setelah melakukannya kondisi kita pun akan menjadi lebih tenang. Ini amalannya,

Bawalah air, kemudian dibacakan dalam air itu Al fatihah 7x, 5 ayat pertama Al Baqarah 1x, Ayat kursi 7x, 3 ayat terakhir surat al baqarah, surah al ikhlas 3x, surah Al- Falaq 3x, surah an-naas 3x, lalu minum airnya!

Buku Amalan ringan menakjubkan hal 71

Itulah amalan dari Syekh Ali yang mungkin bisa dicoba. Semoga kegelisahan segera kabur dan berganti jadi semangat, dan optimis ya.

Dzikir pembebas 99 kesulitan

Sebanyak-banyaknya masalah yang dihadapi, tidak mungkin kita sampai memiliki 99 kesulitan. Tapi ada loh, amalan pembebas dari 99 kesulitan.

Memang, hidup tidak terlepas dari kesulitan. Karena manusia diberikan hidup untuk berjuang, berjuang mengumpulkan amal shaleh sebagai bekal di akhirat nanti. Ketika aku membaca buku ini, rasanya timbul kesadaran bahwa kematian itu pasti terjadi dan bagaimana bila itu terjadi, sementara aku belum siap menghadap-NYA? seiring datangnya ketakutan, tiba-tiba diri mengingatkan.Terus, masih mau cuek? sampai kapan aku bisa santai, cuek, tau-tau ketemu malaikat. Nah lo!

Naudzubillahi min dzalik..

Semoga kita bisa mempersiapkan diri dengan baik, dan Allah mudahkan untuk melakukan amalan-amalan penambah pahala, Aamiin..

Tiada daya upaya selain kekuatan Allah SWT

Mempersiapkan amal shaleh itu sangat penting karena waktu yang diberikan Allah Swt tidak bisa diulang. Begitu membaca tulisan Syekh yang sudah tiada, buku ini seperti wasiat. Salah satunya dzikir pembebas 99 kesulitan itu adalah memperbanyak mengucapkan Laa haula wa laa quwwata illa billah. Allah maha baik, memberi kemudahan atas kesulitan yang mungkin kita kira tidak ada solusinya. Cara agar dzikir ini mengatasi segala kesulitan kita adalah mengucapkan dengan keyakinan, ikhlas, lakukan sebanyak-banyaknya sepanjang hari.

Karena inti dari ucapan ini kita tunjukkan dari hati, tidak punya upaya dan tidak punya kekuatan untuk menyelesaikan permasalahan apa pun, kecuali dengan pertolongan Allah (Syekh Ali Jaber)

Masya Allah, ilmu yang diberikan Syekh bermanfaat banget untuk menemani kita menjalani hidup. Meskipun, ringkasan dua bab di atas tidak mewakili isi keseluruhan buku. Tetapi ilmu yang didapat dari dua bab itu, Insya Allah dapat kita praktikan. Di dalam buku ini, masih banyak amalan-amalan lain yang belum kita tahu. Membaca buku ini, menambah ilmu agama dan insya Allah menambah kuat iman kita.

Itulah review buku Amalan Ringan Paling Menakjubkan karya Almarhum Syekh Ali Jaber. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari wasiat yang beliau tinggalkan. Selengkapnya, bisa baca langsung bukunya ya. Oh, iya, kalau kamu punya rekomendasi buku-buku islam yang bagus, bisa tulis di kolom komentar ya. Supaya aku juga bisa baca hehe..

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat ya, Wassalamualaikum

Baca juga review buku pengembangan diri islam karya Dr.Aidh al Qarni, Akhirnya kutemukan kebahagiaan sejati

#RCO9
#OneDayOnePost
#ReadingChallengeODOP9

 

 

Review Buku Syekh Ali Jaber, Amalan Ringan Paling Menakjubkan
Nurul Afiati

Nurul Afiati

Hai, it's me. Seorang ibu dari dua anak super aktif. Penulis, blogger dan penikmat kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: