Memilih baju anak online memang gampang-gampang susah. Apalagi, perangkat kamera canggih mampu menambah keindahan foto produk. Menjadi salah satu faktor penentu ketertarikan kita saat pertama kali melihat barang yang akan dibeli.

Melihat pilihan pakaian anak yang lucu-lucu, rasanya gak sabar untuk memakaikannya untuk si anak. Ketertarikan pada fashion anak itulah, yang buat aku terdorong untuk memulai bisnis baju anak. Rasanya senang aja ketika bisa memilih bahan dan model yang sesuai dengan keinginanku sendiri.

Saat memulai usaha waktu itu, aku sering mengalami kegagalan saat memilih pakaian anak. Baju anak itu lucu-lucu banget, kadang bingung menentukan model pakaian mana yang akan jadi favorit anak-anak. Jika orang tuanya suka, belum tentu anaknya suka. Sebaliknya, saat anak suka, justru orang tuanya merasa tidak cocok. Menemukan ‘klik’ antara anak dan orang tua itu tidak mudah.

Berdasar pengalaman memilih baju anak online untuk keperluan usaha. Aku berbagi sedikit tips belanja pakaian anak secara online yang bisa dijadikan referensi.

Setidaknya, sebelum memutuskan untuk membeli. Pastikan 5 Hal penting berikut!

1. Kenali Ukuran Baju Anak

Seringkali, ada customer yang kebingungan ketika memilih ukuran sesuai dengan tubuh anak. Kebanyakan mereka memilih pakaian dengan melihat usia anak. Padahal, usia anak tidak bisa dijadikan patokan. Ada anak yang masih usia 1 tahun, tetapi sudah memakai ukuran untuk 2-3 tahun. Sebagian anak ada juga yang memiliki postur kecil, usianya sudah 5 tahun tetapi masih memakai pakaian untuk 4 tahun. Sebelum memutuskan belanja online, ukur dulu tubuh anak. Mudahnya, bisa ukur dari baju yang ada di rumah.

Gunakan alat ukur, seperti penggaris atau meteran baju. Mengetahui ukuran tepat tubuh anak akan memudahkan kita menentukan ukuran baju anak yang sesuai.

memilih baju anak online
Meteran baju untuk mendapat ukuran tepat sesuai anak

Untuk mendapatkan perhitungan yang tepat, kita perlu tahu lingkar dada, lebar dada, panjang baju, lingkar pinggang dan panjang celana. Ambil satu kaos atau celana di rumah dan hitung ukurannya. Hasil pengukuran bisa dijadikan patokan saat memilih pakaian anak secara online. Jika ini dilakukan, belanja dijamin anti gagal.

Sebagai tambahan, size untuk baju anak biasanya genap. Jadi tidak semua umur tertera. Pilihannya dimulai usia 2-4-6-8-10-12-14-16. Ketika menentukan size yang sesuai, cek juga detail ukuran dalam centimeter.

2. Spesifikasi Produk Penting

Poin kedua yang tak boleh dilewatkan adalah spesifikasi produk yang ingin dibeli. Baju anak pun memiliki detail yang perlu diperhatikan. Baca deskripsi dengan teliti, sebelum memutuskan untuk membeli.

Spesifikasi produk
Contoh spesifikasi dari celana anak

Spesifikasi produk meliputi bahan, detail fisik, variasi warna, jenis jahitan (kalau ada). Poin ini penting untuk kita perhatikan, agar tahu barang seperti apa yang akan dibeli. Selain itu, jenis bahan akan menentukan nyaman tidaknya digunakan oleh anak.

Sedikit info, bahan cotton combed 24s adalah salah satu bahan kualitas premium yang tepat dijadikan kaos anak. Jadi, jika sedang mencari kaos anak pilih bahan ini ya.

Selain itu, ada bahan Babyterry. Bahan lembut yang digunakan untuk baju-baju bayi. Teksturnya halus dan hangat, cocok untuk kulit sensitif. Tetapi usahakan tidak memakaikan bahan ini ketika berada di tempat berudara panas.

Mengenal bahan dan spesifikasi barang memang perlu untuk kelancaran belanja online.

3. Variasi Warna Pilihan untuk Fashion Anak

Saat ini, beragam pilihan warna untuk baju anak sangat variatif. Untuk anak bayi, pilihan warna biasanya akan lebih soft dibandingkan baju anak yang lebih besar. Anak-anak mulai dua tahun mulai menggunakan warna-warna cerah dan ceria. Sementara, anak usia tanggung lebih menyukai warna netral yang mudah untuk di mix and match.

Sesuaikan pula pemilihan warna dengan karakter anak. Karena warna pakaian berpengaruh pada kepercayaan diri anak.

warna pilihan baju anak
Warna (Gambar : pexels.com)

4. Variasi Model dan Motif Baju Anak

Anak laki-laki cenderung menyukai kaos anak dengan gambar jagoan favorit mereka. Kaos anak superhero selalu jadi pilihan pertama. Sementara, bagi anak perempuan karakter princess selalu jadi favoritnya. Sebelum memilih model dan motif, sesuaikan dulu dengan kesukaan si anak. Lihat juga contoh pemakaian ketika digunakan oleh model sehingga terbayang bagus atau tidaknya pakaian tersebut.

Baju anak

baju anak
Pemakaian produk untuk real picture. (Gambar: Instagram @sabeenkids)

5. Harga

Harga saat memilih baju anak
Belanja online baju anak anti gagal (gambar : pexels)

Harga menjadi salah satu faktor utama jadi tidaknya kita membeli sesuatu. Mahal itu relatif dan tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Sebelum menilai harga tersebut mahal atau tidak, lebih baik amati dulu spesifikasi, keunggulan, manfaat produknya. Jika sudah, maka harga yang tertera akan terasa objektif bagi kita. Nah, tinggal pilih saja deh mana baju anak yang akhirnya akan kita beli.

Itulah 5 tips belanja baju anak online yang mungkin bisa menambah informasi. Masa pandemi gini, belanja online jadi solusi untuk menjawab kebutuhan dan meminimalisir resiko tertularnya virus corona.

Punya informasi atau tips belanja baju anak lainnya, silahkan tulis diĀ  kolom komentar ya..

5 Tips Memilih Baju Anak Online Anti Gagal
Tagged on:             
Nurul Afiati

Nurul Afiati

Hai, it's me. Seorang ibu dari dua anak super aktif. Penulis, blogger dan penikmat kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: