Kita ada disini untuk menghidupi setiap hari yang berharga

Shunmyo Masuno

Menambah wawasan adalah salah satu manfaat yang aku rasakan ketika membaca buku Seni Hidup Bersahaja.

Sebelum mengulas buku ini, lihat dulu yuk deskripsinya!

Deskripsi Buku Seni Hidup Bersahaja

Penulis : Shunmyo Masuno

Penerbit : Gramedia

Halaman : 224 halaman

Ukuran : 13.5 x 20 cm

Berat : 350 gr

Terbit : 8 Juli 2019

Selama ini, aku kagum dengan gaya hidup orang Jepang. Kedisiplinan dan keteraturan hidup tinggi dalam bermasyarakat patut kita contoh. Membaca buku ini, aku mendapat sudut pandang baru tentang makna hidup dari perspektif orang Jepang. Filosofi hidup mereka tentang cara hidup sederhana dan sesuai jati diri menarik untuk diikuti.

Baca juga, tentang Zen Garden ya!

Buku terbitan gramedia ini, dibagi menjadi empat bagian. Bagian pertama membahas tentang 30 cara untuk membugarkan ‘diri-saat-ini’. Fokus bahasan pada bagian ini, mencoba melakukan perubahan kebiasaan. Sebetulnya inti dari tulian mengungkapkan kebiasaan simpel, terabaikan namun ketika kita lakukan ternyata berdampak besar.

Meluangkan waktu untuk amati diri, bangun lima belas menit lebih dini, menikmati udara pagi, menjejerkan sepatu ketika melepasnya, membuang apa yang tidak perlu, dan mengatur meja kerja, adalah hal sederhana yang nyatanya dapat memperindah hidup kita. Padahal, hal itu tampak terlalu ‘biasa’. Ketika kita melakukan hal itu secara rutin, ternyata akan memberi dampak positif terhadap kualitas hidup.

Bagian kedua membahas tentang kepercayaan diri dan keberanian untuk hidup. Saat menjalani hidup, kita tanpa sadar sering berperan sebagai orang yang ‘dilabeli’. Dari buku bercover biru dan cream ini, penulis mengungkapkan kalau dalam setiap orang memiliki protagonis internal dengan potensi tak terbatas. Dengan kata lain, versi kita yang lebih bebas dari diri yang kita pikir selama ini. Dalam istilah zen, protagonis diri diterjemahkan sebagai master. Untuk membangunkan master diri , kita perlu mengucapkan afirmasi positif setiap hari. Hal sama juga diungkapkan oleh orang-orang sukses bahwa afirmasi positif diperlukan untuk membantu kita mencapai impian. Bahasan inilah yang terdapat dalam bab 2 : 30 cara menginspirasi kepercayaan diri dan keberanian hidup.

Selanjutnya, cara mengatasi kecemasan dan kebingungan hidup dijabarkan pada bab ketiga. Lalu penulis menuliskan cara untuk menjadikan setiap hari sebagai  hari terbaik pada bab terakhir.

Kelebihan

Secara fisik, buku ini menggunakan soft cover dengan perpaduan warna biru dan cream yang menenangkan. Sesuai dengan isi buku. Termasuk kategori buku pengembangan diri, setiab bab dibagi menjadi beberapa sub bab yang related dengan kehidupan sehari-hari. Tulisan padat, ringkas dan bermakna. Cocok dibaca di waktu luang.

Kelemahan

Secara pribadi, buku ini memiliki hal positif yang bisa diterapkan. Namun, perlu bersikap bijak untuk menanggapi sebagian isi, karena terdapat ajaran budhis sebagai kepercayaan penulis yang mungkin bertentangan dengan keyakinan kita.

Terlepas dari itu, buku ini aku rekomendasikan sebagai penambah wawasan dan sudut pandang tentang bagaimana cara hidup sederhana itu berpengaruh besar pada kebahagiaan kita.

Pikiran kita memiliki daya untuk memutuskan apakah kita bahagia atau tidak

Shunmyo Masuno

Itulah sedikit review tentang buku berjudul Seni Hidup Bersahaja, semoga ulasan ini bermanfaat. Kalau ada buku pengembangan diri untuk diulas, silahkan tinggalkan judulnya di kolom komentar ya!

#Writing #UlasanBuku #PengembanganDiri

Review Buku Seni Hidup Bersahaja
Tagged on:         
Nurul Afiati

Nurul Afiati

Hai, it's me. Seorang ibu dari dua anak super aktif. Penulis, blogger dan penikmat kopi.

One thought on “Review Buku Seni Hidup Bersahaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: