Happiness is Simple.

Ada 10 cara sederhana tapi bikin bahagia yang mungkin terlihat biasa. Kadang pekerjaan yang menumpuk membuat kita lupa untuk memberikan sedikit waktu untuk bahagia. Banyak orang berpikir terlalu jauh mengenai kebahagiaan. Tidak melulu dengan uang atau materi loh. Bahkan kegiatan di bawah bisa bikin merasa bahagia.

Minum Teh atau Kopi

Seperti yang kita tahu, minum teh atau kopi adalah hal biasa banget. Padahal, kenyataannya banyak orang yang selalu mencari kedai kopi untuk menikmati waktu santai. Tak hanya itu, minuman boba pun sering habis diburu. Coba kenapa? Selain enak, mereka menemukan kenikmatan dan kenyaman saat meminumnya. Orang Jepang menjadikan kegiatan minum teh sebagai kegiatan resmi. Karena, selain untuk kesehatan, mereka akan mendapat manfaat lain yaitu menenangkan.

Minum kopi atau teh adalah salah satu cara sederhana tapi bikin bahagia
Minum kopi selalu bikin seger

Ingin mendapatkan ketenangan juga saat minum teh dan kopi? Caranya cukup mudah. Cobalah resapi bau teh atau kopi yang paling disukai dari gelas yang kita minum. Biarkan bau harumnya terhirup dengan baik. Rasakanlah ada ketenangan yang muncul dari tiap tetesannya yang mengaliri lidah, tenggorokan sampai berakhir di lambung kita. Ulangi sampai minumannya habis. Rasakan perbedaannya, pikiran dan hati akan lebih tenang dan rileks dari sebelumnya.

Bercermin

Aku suka sekali bercermin. Cermin sudah dianggap sebagai sahabat bagi wanita. Sebagian wanita betah berlama-lama di depan cermin. Manfaat cermin sebetulnya bukan hanya untuk bercermin fisik saja, tetapi memberikan rasa bahagia juga bagi kita. Cobain, ketika berdiri di depan cermin, biasakan mengucap kata-kata positif ke dalam diri, seburuk apapun keadaan fisik yang terlihat di dalam cermin, abaikan dan ucapkanlah kata-kata positif sampai meresap ke dalam pikiran dan hati. Rasakan kebahagiaan itu muncul dari dalam diri. Rasa optimis akan muncul dan membuat kita lebih bersemangat. Patahkan kebiasaan buruk mengkritik diri. Itu sama sekali gak bermanfaat.

Mandi air hangat

Letih bekerja seharian? tetaplah akhiri hari dengan rasa bahagia dengan cara mandi air hangat. Biarkan diri kita berada cukup lama dibawah aliran air hangat. Bisa juga sambil luluran, Rasakan ketika air hangat menyentuh kulit kita, dan hilangkanlah semua beban pekerjaan dalam pikiran untuk sejenak. Ubah fokus dari kejadian buruk yang menimpa, ambil hikmahnya aja. Ganti dengan hal positif. Buatlah diri mejadi rileks ketika keluar dari kamar mandi. Beberapa menit kemudian, kita akan merasa lebih segar dan lebih bahagia dari sebelumnya.

Duduk di sore hari

Meluangkan waktu minimal 10-15 menit di sore hari itu menyenangkan. Aku sering memandang awan sore, lihat burung-burung dan merasakan angin sepoi-sepoi. Entah, darisana suka kepikiran banyak hal. Baik itu rencana masa depan, hikmah dari kejadian kurang menyenangkan atau sekadar bercanda bareng keluarga.

Kalau lagi ingin cari suasana asik, aku suka main di halaman depan rumah. Ajak anak naik sepeda atau sekadar main bola. Perhatikan kegiatan di sekitar kita, entah itu orang-orang yang berlalu lalang, tanaman atau bunga-bunga yang tumbuh di sekitar, kendaraan yang melintas. Sapa dan berikan senyuman pada orang-orang yang melewati kita. Tarik napas , tahan sejenak dan hembuskan melalui hidung. Rasakan betapa bahagianya kita berada diantara lingkungan yang begitu padat dan produktif. Ciptakan kebahagiaan dengan rasa syukur. Duduk sejenak di sore hari membuat kita merasa menjadi manusia yang lebih beruntung.

Olahraga

Suka atau tidak, luangkanlah waktu untuk berolahraga. Pilih waktu dan tempat yang disukai dan nyaman. Jika sendiri, cobalah berolahraga sambil mendengarkan musik. jika bersama teman, cobalah buat kegiatan olahraga seperti bermain . Seperti mengajak balapan lari sampai batas tertentu, saling mengejar dan berlomba mendapat jumlah score terbanyak dalam berolahraga, membuat olahraga menjadi lebih asyik dan membahagiakan. Selain tubuh sehat, hati pun ikut senang.

Melakukan hobi

Menulis jadi satu cara sederhana bikin bahagia
Menulis, itu membahagiakan

Cara ini sangat efektif. Melakukan hobi berapa lama pun waktunya selalu membuat kita merasa bahagia. Apapun hobinya, ciptakanlah waktu khusus untuk melakukan hobi, meskipun hobi itu tampak sulit dilakukan. Bagiku yang memiliki hobi menulis, aku selalu rencanakan waktu khusus untuk melakukannya. Selain itu, bergabung dengan komunitas yang memiliki hobi yang sama bisa jadi alternatif untuk kita selalu merasa bahagia.

Berdoa

Di saat suasana hati sedang kacau, jenuh dan stress. Cobalah dekatkan diri kepada NYA. Ungkapkan semua keluh kesah dan masalah yang kita hadapi. Berdoa dan berharaplah yang terbaik kepadaNYA. Keadaan spiritual yang baik akan mempengaruhi keadaan emosional. Semakin sering berdoa, semakin jernih pikiran kita dan dengan sendirinya kebahagiaan itu akan muncul. Efek positif dari berdoa adalah rasa optimis yang tidak akan habis.

Bermain

Ajak keluarga, teman, atau saudara untuk bermain. Cari permainan simpel yang melibatkan banyak orang. Seperti bermain kartu, badminton, main uno atau banyak lagi. Berikan hukuman bagi yang kalah. Suasana yang akrab dan bahagia akan muncul ketika kita larut dalam permainan.

Berbagi

Pepatah bilang jangan terlalu sering lihat ke atas, lihatlah ke bawah sesekali agar kita bersyukur. Pepatah itu 100% benar. Ketika kita melihat ke bawah kita akan merasa lebih bersyukur dan tidak segan untuk berbagi. Saat berbagi dengan orang lain, secara langsung kita juga telah berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Lihatlah senyuman yang muncul dari kita berbagi, sekecil apapun itu akan menjadi makna yang besar dan berarti bagi orang yang menerimanya. Yuk jangan sungkan berbagi ya!

Menanam

Menanam, salah satu cara sederhana bikin bahagia
Salah satu tanaman yang buahnya ditunggu (strawberry).

Nah, selain melatih kesabaran, menanam menjadi sarana positif untuk menciptakan kebahagiaan. Aktivitas menanam dapat menimbulkan kasih sayang sesama makhluk hidup. Cobalah memilih jenis bibit tanaman apa yang kita sukai, agar kita merasa asyik melakukannya, buatlah perkembangan tiap harinya dan lihatlah hasil dari tanaman yang kita tanam. Kepuasan dan kebahagiaan akan muncul ketika kita melihat tanaman kita tumbuh dan berbunga dengan baik.

Sesederhana itu sebetulnya bahagia. Cuma jarang dari kita menyadarinya. Ayo bahagia!

#Jurnalsyukur #SelfDiscovery #Bahagia

10 Cara Sederhana Tapi Bikin Bahagia
Tagged on:         
Nurul Afiati

Nurul Afiati

Hai, it's me. Seorang ibu dari dua anak super aktif. Penulis, blogger dan penikmat kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: