Pertama kali, mendapat tugas menulis tentang diri sendiri rasanya bakalan jadi proses yang asyik. Aku tertantang melihat ke dalam diri tentang apa dan bagaimana aku menjalani hidup selama 31 tahun ini.

Usia yang cukup untuk dapat melihat dengan bijak ke masa lalu dan membayangkan masa depan seperti apa. Yang pasti sebelum aku mulai menulis tentang diri ini, aku bersyukur sekali. Allah sudah memberikan kesempatan untuk aku mengecap pahit manis kehidupan dan segala warna-warninya, Alhamdulillah.

Baiklah, mari kita mulai!

Siapa aku?

personal life
Me & My Daughter

Nurul Afiati adalah nama yang diberikan orang tua untukku. Sewaktu zaman sekolah dasar, aku penasaran dan mencari arti dari nama itu. Cahaya Kesehatan, arti nama itu menjadi harapan orang tua agar anaknya selalu diberikan kesehatan. Aku rasa arti nama ini bagus banget, dan alhamdulillah sampai sekarang ini aku merasakan berkah dari nama itu.

Alhamdulillah lagi, aku hidup di lingkungan yang penuh kasih sayang. Mama memilih untuk tidak bekerja dan mengabdikan diri menjadi ibu rumah tangga. Aku banyak belajar dari Mama, yang meskipun sibuk dengan tiga anak yang masih kecil-kecil dulu, tetapi tetap produktif berjualan kue-kue buatannya.

Sekarang, aku bisa merasakan bagaimana repotnya mengasuh anak sambil terus konsisten menulis, hehe..

Tidak berlama-lama, aku langsung to the point aja ya!

Ini dia 7 fakta tentang aku.

Fakta #1 Anak Pertama

Aku memiliki tiga adik. Perempuan, laki-laki, dan perempuan lagi. Lahir di urutan pertama membuat kepribadianku secara tidak langsung terbentuk menjadi mandiri. Sejak TK, aku sudah terbiasa melakukan semua hal sendiri. Tidak pernah diantar ke sekolah oleh Mama. Entah, aku selalu malu jika ada orang tua ketika aku belajar di sekolah. Malahan, ketika aku ditunjuk untuk pentas atau apapun, aku selalu meminta mama untuk tidak datang. Karena aku malah gak percaya diri jika Mama melihatku.

Memang, aku termasuk orang yang perfeksionis. Jadi aku takut orang lain melihat kekurangan. Begitu pun aku gak mau mama kecewa, jadi aku memilih tidak memberitahunya ketika aku harus tampil di sekolah, hehe.

Kemandirian ini membawaku untuk berani pula merantau. Selepas SMA aku memilih berkuliah di Bandung, selama kuliah aku pun memberanikan diri untuk melakukan pekerjaan paruh waktu di salah satu hotel di Bandung sebagai pekerja bagian front office. Dari sana aku memiliki penghasilan pertama yang cukup untuk biaya hidup dan sedikitnya biaya semesteran.

Fakta #2 Suka Mencoba Hal Baru

Coba aja dulu!

Aku suka dengan tantangan. Aku juga terbuka untuk setiap peluang baru selagi itu positif. Itulah salah satu alasan aku pernah bekerja di berbagai bidang, karena aku selalu ingin terus berkembang. Inilah daftar profesi yang pernah aku kerjakan. 2009 aku bekerja di perhotelan, 2012 aku bekerja di sebuah bank syariah, 2013 aku bekerja di sekolah kewirausahaan informal, 2016 aku mengajar bahasa prancis di SMA, dan sekarang aku jadi blogger dan penulis.

Menurut orang lain, aku gak fokus. Tapi aku tidak melihatnya seperti itu. Setiap pengalaman yang aku jalani membawa hal baik yang bisa aku ambil, aku malah bisa lebih objektif menilai suatu hal. Karena aku tidak berada pada satu tempat yang sama. Itu seru banget!

Fakta #3 INFJ

Dalam ilmu psikologi, ada 16 tipe kepribadian (MBTI). Aku termasuk dalam kepribadian INFJ (Introvert-intuition-feeling-judging). Yang buat aku sedikit bangga ternyata Oprah Winfrey termasuk kepribadian ini juga, Haha.

Orang dengan kepribadian ini sering dikira extrovert padahal tidak. Introver tapi mudah bergaul, hanya saja kalau INFJ ini punya empati yang besar dan sensitif. Dapat merasakan jika dia dimanfaatkan atau tidak oleh seseorang. Selain itu, INFJ memiliki prinsip dan value dalam hidupnya makanya pikirannya rumit. Seringkali orang lain sulit memahami apa yang INFJ pikirkan. Yang paling penting adalah INFJ idealismenya tinggi tetapi lembut dan tenang.

Fakta #4 Bakat Menulis

Ketika aku berniat untuk menulis, maka ternyata tulisanku bisa sangat dihargai orang lain. Meskipun, sejujurnya setiap tulisan yang aku buat benar-benar ditulis dengan hati bukan demi meraih penghargaan apapun.

Dari menulis inilah, aku bisa berkembang. Dua cerpenku pernah memenangkan juara 5 terfavorit dalam komunitas Writerpreneur Academy. Aku pun sudah menerbitkan tiga buku antologi, yang satu diantaranya adalah buku anak. Insya Allah aku ceritakan proses menulis di postingan berbeda ya.

Fakta #5 Bahasa Prancis

Entah sejak kapan aku menyukai bahasa Prancis. Spontan saja, aku memilih untuk belajar bahasa ini selama 4 tahun semasa kuliah. Awalnya memang merasa penasaran bagaimana cara membaca tulisan dalam bahasa prancis yang terdengar seksi itu. Apalagi setelah lulus aku mengajar bahasa ini, rasanya seru sekali bisa memahami pembicaraan dan cara berkomunikasinya.

Meskipun, saat ini aku sudah tidak lagi mengajar, tetapi rasa kangen untuk komunikasi lagi tetap ada. Mudah-mudahan ya, ada rezeki dan kesempatan aku bisa langsung menuju ke negaranya, Insya Allah.

Fakta #6 Suka Berwirausaha

Kurang lebih sekitar setahun, aku bekerja di dunia kewirausahaan. Lucunya, aku malah mulai tertarik berwirausaha ketika sudah resign. Sepanjang yang aku tahu, profesi sebagai pengusaha merupakan profesi yang menantang. Banyak pengusaha sukses berhasil karena mereka mengembangkan diri secara mindset, keilmuan dan praktik. Gak ada cerita pengusaha itu leyeh-leyeh. Mereka yang berhasil adalah mereka yang mau belajar.

Dari sanalah aku ikutan termotivasi untuk berwirausaha, memulai dengan membuka toko baju anak online bernama Shalu_kidsstore di tahun 2015 kini berganti menjadi Sabeen kids dengan media instagram. Aku mulai dari nol lagi ketika tahu ada pula usaha serupa dengan nama yang sama. Doakan ya, semoga usaha ini berkah dan maju, aamiin..

Fakta #7 Pernah ingin menjadi motivator

Entah, sejak lama aku suka sekali membaca buku-buku pengembangan diri. Ketika tayangan Mario Teguh dulu sedang ramai-ramainya diminati, aku tidak absen untuk menontonnya. Sampai-sampai dulu ingin sekali bisa nonton siaran langsungnya, sayangnya belum kesampaian hehe..

Sejak itu, aku ingin menjadi motivator. Bagiku profesi itu hebat, dapat menolong orang yang putus asa menjadi lebih bangkit dan optimis. Setdaknya itulah yang aku rasakan setiap menonton video atau tayangan dari seorang motivator.

Itulah tujuh fakta tentang aku yang bisa aku tuliskan. Bukan untuk berbangga, ini semua aku tulis untuk menantang diri agar lebih mengenal tentang siapa aku sebenarnya. Silahkan ambil hal positif yang bisa diambil. Jika ada yang kurang abikan saja ya..

Terima kasih sudah membaca sampai akhir.

#OneDayOnePost #ODOP #ODOPChallenges3

 

Who Am I? 7 Fakta Tentang Aku
Tagged on:                 
Nurul Afiati

Nurul Afiati

Hai, it's me. Seorang ibu dari dua anak super aktif. Penulis, blogger dan penikmat kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: