Ketika beranjak remaja, entah kenapa aku mendadak menjadi seorang yang pemalu. Lebih senang di rumah, membaca buku atau bermain dengan adik yang kebetulan beda usia 2 tahun. Aku merasa tidak nyaman, ketika sedang berada di sekumpulan orang banyak yang tidak dikenal.

Suatu waktu, ketika masa SMP, aku memiliki teman dekat sejak TK dan kebetulan selalu satu sekolah. Rumah pun berdekatan. Kami sering bermain game bomberman bersama di setiap malam minggu hihi..

Kesenangan itu ternyata tidak bertahan lama. Sejak dia mulai mengenal cinta monyet, dan punya teman dekat lelaki. Bisa ditebak, hari-hari mulai berubah terutama malam minggu. Dia dikunjungi teman dekatnya, dan aku? haha.. kehilangan partner main game, hiks.

Obrolan sehari-hari pun ikutan berubah. Obrolan tentang cowok selalu mendominasi, sampai-sampai aku eneg sendiri dibuatnya (ups).

Apa yang salah denganku? atau aku puber terlambat? entahlah, aku juga bingung saat SMP malah fokus dengan persahabatan, sementara hampir semua teman se-gank dulu udah mulai cie-ciean wkwk..

Aku mengatasi rasa ‘kehilangan’ dengan banyak membaca saat itu. Mencoba buat puisi, cerita, esai atau sekadar baca novel. Apa ya? Aku merasa menikmati saja, ketika harus menuangkan isi pikiran dalam tulisan. Saat membaca, aku pun merasa seperti berada di ruang sendiri dan masuk ke dalam cerita yang kubaca.

Introver quote
Menulis jadi kegiatan asyik bagi introver

Meskipun masa sekolah, aku bukan termasuk cewek populer, tetapi aku punya circle orang-orang populer. Jadilah, aku ikutan populer, hehe.. (gak deh haha)

Lingkungan pertemananku memang tidak terlalu luas, tapi aku selalu pastikan teman-temanku berkualitas. Yap, aku selektif banget. Kalau kira-kira aku tidak nyaman dengan seseorang, aku memilih untuk tidak terlalu dekat. Entah, itu sama sekali tidak direncanakan tapi itu mengalir begitu saja. Bukan sombong, sama sekali gak ada niatan seperti itu. Tetapi, aku bisa merasakan dari bahasa tubuh seseorang, mana orang yang benar-benar baik dan mana yang hanya memanfaatkan.

Ternyata aku introver
Introver

Ternyata aku introver..

  • Karena merasa berenergi dalam ketenangan
  • Lebih suka berpikir dulu sebelum bertindak, dan diam jika tidak ingin berbicara
  • Lebih menyukai berbicara dalam kelompok kecil
  • Peka ketika melihat keadaan
  • Memiliki teman sedikit namun sangat dekat
  • Terlihat seperti menjaga jarak
  • Lebih senang mendengarkan dibanding berbicara
  • Empati tinggi
  • Mandiri

Itulah diantaranya ciri-ciri yang kutemukan melalui buku Quiet Impact, memunculkan potensi tersembunyi pribadi introver karya Sylvia Loehken. Baru aku sadar, memiliki kepribadian cenderung introver.

Sebelum memahami betul tentang introver ini, orang sering mengartikan tentang introver itu adalah orang yang kuper dan cuma mau bicara dengan buku. Padahal, yang membedakannya itu bagaimana cara introver yang mendapatkan energi dari ketenangan dan mandiri , sementara ekstrover merasa berenergi ketika bersama orang lain. Maka, orang introver akan merasa lemah jika terlalu lama bersama orang. Sedangkan ekstrover merasa lemah ketika dia dalam kesendirian.

Masalah yang dihadapi sebagai introver?

Masalah introver
Hambatan Introver

Hidup menjadi introver itu tidak mudah. Seriusan, aku sering mengalami hal-hal yang kurang enak sebetulnya. Dan, baru kali ini loh aku ceritakan semua.

  • Untuk memutuskan sesuatu, introver sering mempertimbangkan banyak hal. Jadi, laaamaa banget buat dapat keputusan
  • Dianggap sombong udah sering banget, sampai lupa lagi rasanya gimana
  • Dimanfaatkan, karena lebih senang mendengarkan. Introver seringkali jadi tempat curhat. Ketika orang lain beres curhat, ditinggalkan gitu aja si introver ini.
  • Sulit mengungkapkan pendapat hingga saat yang tepat
  • Tahu semua hal tapi lebih memilih tidak tampil
  • Menghindari konflik
  • Dipandang berbeda, padahal di luar sana orang hebat lebih banyak yang berkepribadian introver

Orang-orang introver hebat. Mereka adalah..

Woody Allen, sutradara film, pengarang, aktor dan pemusik dari AS

Warren Buffet, investor dan entrepreneur AS

Bill Gates, pendiri Microsoft

Bob Dylan, pemusik, penyair dan pelukis AS

Clint Eastwood, Aktor AS

Michael Jackson, Pemusik AS

Mahatma gandhi, Pemimpin spiritual dalam gerakan kemerdekaan India

Audrey Hepburn, Aktris

Barack Obama, Presiden Amerika Serikat

Oprah Winfrey, Aktris, Public speaker

Steven Spielberg, Direktur, Produser, Penulis skenario

Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook

Avril Lavigne, Penyanyi

Dan masih banyak lagi. Sementara, nama-nama tersebut cukup mewakili bahwa orang-orang introver yang sering dianggap sebelah mata, justru malah banyak yang sukses.

Jadi, jika diantara pembaca, ada yang merasa introver. Ayo, tunjukkan pada dunia bagaimana bersinar dengan caranya kita, yeaaay!

Supaya kita bisa makin bersemangat, mari kita baca beberapa quotes dari para introver populer berikut. Bisa jadi mood booster loh. Oh, ya sebelumnya aku buat postingan ini menjadi dua part ya, agar tidak terlalu panjang.

Quotes dari Orang-orang introver yang bersinar

Stay true to your own nature. If you like to do things in a slow and steady way, don’t let others make you feel as if you have to race. if you enjoy depth, don’t force yourself to seek breadth.

Susan Cain

You may think i’m small, but i have a universe inside my mind

Yoko Ono

When you undervalue what you do, the world will undervalue who you are

Oprah winfrey

The key to realizing a dream is to focus not on success but on significance-and then even the small steps and little victories along your path will take on greater meaning.

Oprah winfrey

Who you are today.. that’s who you are. Be brave. Be amazing. Be worthy. And every single time you get the chance? Stand up in front of people. Let them see you. Speak. Be heard. Go ahead and have the dry mouth. Let your heart beat so, so fast. Watch everything move in slow motion. So what. You what? You pass out, you die, you poop? No.

Shonda Rhimes

Achievable goals are the first step to self improvement. Don’t compare yourself with anyone in this world. If you do so, you are insulting yourself.

Bill Gates

Introverts are more effective leaders of proactive employees. When you have a creative, energetic work force, an introvert is going to draw out that energy better.

Laurie Helgoe

Itulah ketujuh Quotes yang membuatku merasa termotivasi dengan kepribadian introver yang aku miliki. Setiap kepribadian yang Allah SWT berikan kepada kita pastinya adalah yang terbaik. Berfokus pada kelebihan menjadi cara tepat untuk mensyukuri segala penciptaan Allah SWT atas diri kita. Jadi, sebagai kaum introver berbanggalah. Tidak ada yang lebih mengenal diri selain kita sendiri.

Yang sudah baca, ceritakan yuk pengalaman sebagai introver atau ekstrover di kolom komentar ya. Terima kasih

#OneDayOnePost #Day7

Sumber : Quiet impact! Memunculkan potensi tersembunyi pribadi introver karya Sylvia Loehken

Quotes Orang-Orang Introver Populer, Jadi Mood Booster!
Tagged on:             
Nurul Afiati

Nurul Afiati

Hai, it's me. Seorang ibu dari dua anak super aktif. Penulis, blogger dan penikmat kopi.

9 thoughts on “Quotes Orang-Orang Introver Populer, Jadi Mood Booster!

  • Avatar
    September 14, 2020 at 4:15 am
    Permalink

    Akupun introvert. Dan orang2 lebih sering bilang aku aneh karena suka menyendiri . Orang2 introvert bukannya nggak mau bermasyarakat, hanya saja mereka butuh me time lebih banyak daripada ketemu banyak orang.

    Reply
  • Avatar
    September 14, 2020 at 8:13 am
    Permalink

    Aku juga suka di lingkaran yang sedikit tapi mereka berdampak banget bagi diri. Untuk bisa aktif secara umum bareng-bareng sama mereka.

    Reply
  • Avatar
    September 14, 2020 at 8:34 pm
    Permalink

    Waaaa ada introvert ehehehehe… Me? Kepribadian MBTI nya: INFJ.

    O iya, quotesnya kalo disertain artinya akan kebih memudahkan~

    Reply
  • Avatar
    October 10, 2020 at 12:49 pm
    Permalink

    Saya juga introvert, Mbak. Sering dikata aneh sama orang-orang, karena ketertarikan terkait hobi dan minat yang agak berbeda. Yah, karena mungkin saya hidup di lingkungan mereka yang ekstrovert, hehehe

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: