Scrolling media sosial itu asyik, banyak hal baru yang bisa ditemukan disana. Berita, cerita, fakta, gosip, dan kegiatan yang sedang dilakukan orang lain. Kita jadi banyak tahu tentang hal yang sedang jadi perbincangan hangat dimana-mana.

Awalnya, geser ke bawah, eh tanpa terasa lima sampai dua puluh menit berlalu. Lalu, ketika selesai scrolling baru sadar belum ngerjain ini-itu, dan seringnya baru keingetan tadi sebelum pegang hp mau ngapain.

Jika scrolling itu bisa jadi penghasilan atau ide untuk nulis, pasti bagus banget. Nyatanya, kegiatan ini malah buat kita gak produktif. Selain itu waktu yang digunakan terbuang percuma.

Daripada kelamaan scrolling, ini 13 cara produktif untuk isi waktu luang yang bisa kita kerjakan.

5 cara asyik membaca saat sedang malas

Baca buku

Coba cek rak buku yang berjajar, adakah buku yang belum sempat dibaca? Punya waktu luang, jadi kesempatan untuk membaca buku itu. Tidak akan rugi jika menginvestasikan waktu untuk leher ke atas. Dari ilmu yang kita dapat dari buku kita bisa belajar banyak hal yang mungkin bermanfaat untuk hidup kita.

Aku termasuk orang yang lapar mata jika melihat buku bagus. Walaupun belum tahu kapan bisa santai membacanya. Tetapi, jika ada waktu kosong buku-buku itu pasti aku baca. Buku-buku itu semacam tabungan bacaan untuk aku baca sewaktu-waktu.

Sudah baca buku ini? Akhirnya kutemukan kebahagiaan sejati

Jika semua buku sudah dibaca, bisa beralih ke ebook. Ipusnas bisa menjadi sumber untuk mendapat bacaan berbobot dan gratis. Ayo kita manfaatkan itu!

Belajar Menjahit

belajar menjahit

Sebagai perempuan, menjahit sebetulnya adalah basic skill yang berguna. Banyak manfaat jika kita bisa menjahit, dari manfaat minimal untuk menjahit baju yang bolong-bolong sampai manfaat maksimal membuat pakaian untuk si kecil. Sayangnya, aku tidak mahir menjahit. Keinginan untuk bisa mendesain baju anak belum kesampaian. Belajar menjahit sedikit demi sedikit  bisa membuatku produktif. Jika sudah lancar nanti, semoga bisa buat baju anak yang lucu-lucu, aamiinn.

Bersih-bersih

beres-beres

Walaupun kegiatan bersih-bersih tidak pernah terlepas dari kehidupan seorang ibu. Tetapi, untuk beberapa bagian ada yang tidak selalu kita bersihkan setiap hari. Nah, itu yang sering luput untuk di cek. Misalkan untuk isi lemari, perlu waktu untuk membersihkan ulang semuanya, lalu kulkas, rak-rak piring dan sebagainya.

Bersih-bersih bisa jadi kegiatan produktif buat dilakukan daripada kita scrolling media sosial. Biasanya, dari sinilah aku seolah menemukan harta karun. Barang lama dicari bisa ditemukan saat beres-beres haha..

Lalu, pilah-pilih mana yang terpakai atau tidak. Manfaat setelah bersih-bersih akan terasa ketika kita bisa mendapat ruang baru untuk menyimpan. Kadang aku suka kaget sendiri melihat ruangan jadi lebih luas setelah kegiatan ini dilakukan. Ada yang sama?

Jadi Volunteer

Bagi yang masih single bisa jadi hal seru loh ikutan jadi relawan untuk acara-acara di lingkungan sekitar. Tidak perlu acara besar, bisa mulai dengan aktif di acara sebagai panitia atau kegiatan positif lainnya.

Selain menambah teman, pengalaman juga bisa bertambah pastinya.

Telepon kerabat atau keluarga

Silaturahmi menambah rezeki. Mumpung waktu luang, ajak keluarga untuk video call atau telepon. Rindu terobati dan kita jadi tahu kabar orang-orang tersayang seperti apa.

Back up foto

Gallery foto di ponsel sudah terintegrasi dengan google photo? Jika belum ayo mulai sambungkan. Sebagai antisipasi agar foto-foto tidak hilang, juga memudahkan kita untuk melihat album berdasarkan tahunnya.

Jika sedang luang, manfaatkan untuk pilah-pilih foto yang ada dalam galeri. Sebetulnya, banyak juga foto-foto yang kurang penting disana. Jika sudah di pilih, ruang penyimpanan jadi lebih luas untuk foto-foto yang akan datang.

Jalan kaki

Olahraga ringan seperti jalan kaki, baik banget untuk dilakukan. Aku tipe orang yang kurang suka olahraga, jadi jika memulai olahraga berat biasanya aku mulai lelah dan suka pingsan, hihi..

Ya, itulah kelemahanku. Tetapi kalau jalan kaki 6000-10.000 langkah per hari masih sanggup. Sambil refresh udara di Lembang, cuci mata, jalan kaki cocok banget untuk dilakukan disini. Banyak tempat yang bisa di eksplorasi dan menenangkan. Alhamdulillah

Mulai berkebun

Di rumah, ada space sedikit, manfaatkan untuk berkebun. Jika tidak ada tanah, bisa membuat tanaman di polybag atau pot-pot gantung. aku menggunakan polybag untuk menanam daun bawang, daun mint, dan lidah buaya. Tanaman itu bermanfaat buat masakan, minuman, dan kecantikan.

Mulai berkebun untuk isi waktu luang bisa buat kita bahagia loh. Memandangi tanaman yang tumbuh tiap harinya buat aku puas. Rumah asri jadi bonus.

Buat makanan sehat

Biasa beli makanan, gak ada salahnya buat camilan sehat sendiri di rumah. Salah satu serunya olah makanan di rumah yaitu porsinya lebih banyak dan harga yang dikeluarkan lebih ekonomis. Cobain deh!

Dengarkan podcast

Sekarang, podcast jadi alternatif lain untuk menambah wawasan. Banyak banget konten inspiratif yang bisa kita dengarkan melalui podcast. Dimulai dari konten bisnis, hobi, berita, dan topik lainnya yang bisa kita eksplor lebih dalam.  Ayo kita belajar ilmu baru dari podcast.

Belajar bahasa asing

Duolingo menjadi pilihan untuk belajar bahasa asing. Ketika dulu masih mengajar bahasa Prancis, aku sering meminta siswa untuk mendownload aplikasi ini. Visualnya seru, prononciationnya juga sesuai. Jadi, belajar bahasa baru gak bikin stres dan asyik seperti bermain.

Untuk habiskan waktu luang tapi produktif, aplikasi ini bisa jadi pilihan.

Jual barang bekas

Oiya, kembali lagi ke poin beres-beres di atas. Saat kita menemukan barang-barang yang tidak terpakai tapi masih bagus. Jangan buang dulu!

Bisa dijadikan cuan loh, barang-barang itu. Tinggal foto dan pasarkan aja di aplikasi, siapa tau ada orang lain yang membutuhkannya.

Bikin blog

Untuk yang suka menulis, ada kalanya kita ingin sekali menuangkan isi pikiran dan ide yang sering muncul secara random. Kehadiran blog baru bisa menjadi wadah untuk menyimpan tulisan-tulisan kita. Bahkan, tulisan yang menurut kita acak-acakan, jika di poles lagi akan menjadi sebuah informasi yang bernilai.

Maka, jangan remehkan ide dan tulisan kita ya. Buat blog baru aja sesuai tema ide yang ingin kita tulis. Semakin banyak bahan, semakin baik juga hasil tulisannya nanti. Yuk, bikin blog!

Scrolling timeline facebook, instagram, dan media sosial lainnya memang tidak ada yang melarang. Semua yang kita lakukan itu kembali pada kita. Hanya saja bijak menggunakan waktu untuk screen time itu bermanfaat buat kesehatan fisik dan juga mental kita. Jika ada kegiatan lain yang bisa membuat kita produktif, kenapa kita harus buang waktu hanya untuk scrolling saja.

Nah, sekarang, kegiatan mana yang mau dilakukan buat isi waktu luangmu?

 

#Onedayonepost #Produktif #screentime

 

Daripada Kelamaan Scrolling, Ini 13 Cara Produktif Untuk Isi Waktu Luang
Tagged on:             
Nurul Afiati

Nurul Afiati

Hai, it's me. Seorang ibu dari dua anak super aktif. Penulis, blogger dan penikmat kopi.

19 thoughts on “Daripada Kelamaan Scrolling, Ini 13 Cara Produktif Untuk Isi Waktu Luang

  • Avatar
    September 30, 2020 at 4:57 am
    Permalink

    Banyak juga ya mbak kegiatan seru yang bisa kita lakukan selain sxroling. Aku hobi bersih2 yaa….

    Reply
  • Avatar
    September 30, 2020 at 5:06 am
    Permalink

    Iyap betul … lakukan hal yg produktif

    Reply
  • Avatar
    September 30, 2020 at 5:33 am
    Permalink

    Jalan kaki, telepon kerabat, baca buku, buat blog.

    Reply
  • Avatar
    September 30, 2020 at 6:35 am
    Permalink

    Hobiku bersih-bersih, beberes rumah…hehehehe Ternyata banyaaak sekali kegiatan untuk kita biar Ndak terus2an schrool hape terus ya mbaak..heheheh

    Reply
  • Avatar
    September 30, 2020 at 6:39 am
    Permalink

    Menemukan harta karun hihi… seneng banget^^
    Terus benaran, ruangan serasa luas…

    Keren Kak, waaah judulnya mampu membius pembaca niii

    Reply
  • Avatar
    September 30, 2020 at 8:37 am
    Permalink

    Suka dengerin podcast apa mba?

    Reply
    • Nurul Afiati
      September 30, 2020 at 4:02 pm
      Permalink

      Makna talks, so mad about life, do you see what i see, rezkypassionwriter, ngopi writing.

      Reply
  • Avatar
    September 30, 2020 at 9:32 am
    Permalink

    Tipsnya cocok banget buat saya yang memang hobi scrolling sampai lupa waktu. Nagih banget pokoknya. Bahkan, kadang baca buku pun enggan kalau sudah scrolling timeline 🙁

    Reply
  • Avatar
    September 30, 2020 at 9:37 am
    Permalink

    baru bisa mengerjakan poin nomor tiga ketika waktu luang… bersih-bersih… 🙂

    Reply
    • Nurul Afiati
      September 30, 2020 at 12:04 pm
      Permalink

      Paling mudah dilakukan emang yang namanya bersih-bersih itu

      Reply
  • Avatar
    September 30, 2020 at 10:12 pm
    Permalink

    Wah..alternatif kegiatan yang produktif. Keren tipsnya

    Reply
  • Avatar
    September 30, 2020 at 10:15 pm
    Permalink

    Yang biasa saya lakukan,
    Baca buku, ini buat saya heaven on earth hehehe
    Bersih-bersih, senengnya ini nyambi sama nelpon keluarga atau teman, biar gak kerasa boring.
    Back up foto, karena udah automatis terkoneksi sama google photos jadi gak perlu lagi.
    Berkebun, cara meditasi buat saya
    Dengerin podcast kalau di jalan
    Belajar bahasa asing, karena mesti
    sama nulis di blog

    Gimana dengan mbak Nurul?

    Reply
    • Nurul Afiati
      September 30, 2020 at 10:35 pm
      Permalink

      Baca buku selalu pilihan pertama, denger podcast kalo gak bisa tidur, berkebun kalo ada waktu banyak, bersih-bersih udah otomatis hihi..

      Reply
  • Avatar
    October 1, 2020 at 12:14 am
    Permalink

    Aku lebih suka berkebun, nanam bunga ….

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: