Write it on your heart that everyday is the best day in the year

Ralph Waldo Emerson

Apa yang dilakukan moms, ketika bangun di pagi hari ?

Buat aku, awal hari itu seperti sebuah kesempatan yang Allah beri untuk kita berbuat sesuatu. Entah melanjutkan tugas yang belum selesai di hari kemarin, atau membuat rencana baru untuk dilakukan.

Aku meyakini kalau hal kecil yang dilakukan hari ini akan berdampak pada masa depan. Maka, ada tanggung jawab yang selalu terpancang, untuk tetap produktif setiap harinya.

Sebaik-baiknya rencana adalah yang dilaksanakan.

Setiap malam sebelum tidur, aku terbiasa buat list apa yang harus dilakukan besok. Khususnya apa yang mau aku tulis di blog.

Memang, nyatanya tidak semuanya rencana bisa terlaksana. Tapi, setidaknya ada kemajuan kecil yang bisa kita lakukan dibanding tidak membuat to do list sama sekali.

1. Bangun Sebelum subuh

 

Gak mudah buat aku, si burung hantu yang bisanya menulis fokus pada malam hari.

Bangun sebelum subuh, jadi tantangan tersendiri. Biasanya aku bangun antara pukul 05.00-05.30. Tapi, setelah memutuskan untuk lebih produktif dunia akhirat aamiinn. Rencana pun berubah.

Aku mulai bertekad untuk bangun sebelum subuh. Butuh self dicipline kuat untuk melakukan ini. Gak serta merta pula aku langsung jreeeng bangun sepagi itu. Prosesnya panjang hehe..

Tetapi balik lagi, ketika biasakan untuk bangun lebih subuh, malah jadi kebiasaan.

Tips ini bisa dicoba sih, jadi pasang alarm pukul 04.00. Ketika alarm berbunyi, coba hitung dalam hati 1-10 sambil diingat apa yang mau dilakukan sesuai rencana.

Lanjut, bangun dan ke kamar mandi. Sikat gigi, cuci muka, lanjut wudhu.

Insya Allah jadi segar.

2. Solat Fajr dan subuh

9 rutinitas produktif pagi hari
Berdoa dan ibadah di pagi hari

Salat fajr atau qabliyah subuh dilakukan sebanyak 2 rakaat sebelum salat subuh. Manfaat dari salat ini adalah pahalanya yang sebesar dunia dan segala isinya.

Dua rakaat fajar (shalat sunnah qabliyah subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya

(HR.Muslim no.725)

Jika ingin sukses pada hari itu. Cara terbaik adalah melakukan sesuai cara yang Allah anjurkan. Hingga nanti, kita akan dapatkan keberkahan waktu dari apa yang kita lakukan.

3. Tilawah

9 rutinitas pagi untuk hari lebih produktif
Membaca Al Quran

Sebaik-baik mata adalah yang digunakan untuk membaca Al Quran. Karena waktu subuh, menjadi waktu mustajab untuk meminta. Maka kesempatan ini bisa dilakukan untuk mengaji dan berdoa.

4. Dzikir Pagi

Dzikir pagi adalah perisai. Isi dari doa-doa yang meminta perlindungan, keselamatan dan rezeki yang berkah kepada Allah SWT. Membiasakan untuk berdzikir pagi, aku rasakan hal berbeda jika dalam satu hari aku tidak melakukannya. Rasanya gak tenang, kerjakan satu hal gak beres-beres atau malas yang luar biasa.

Apa aja doa dari dzikir pagi? Silahkan searching dzikir pagi di google. Disana banyak sekali bisa ditemukan doa-doanya.

5. Mulai Aktivitas : Nulis

menulis, 9 rutinitas pagi untuk hari lebih produktif
Target menulis harian bisa dikerjakan maksimal

Biasanya otak di awal hari terasa lebih cepat meresap ilmu. Karena baru bangun tidur jadi otak sedang berada di daerah alfa.

Maka, menulis pada jam ini terasa lebih santai dan fokus.

Setelah merencanakan tema apa yang akan ditulis, aku mulai menulis selama kurang lebih 60 menit (kalau anak-anak belum keburu bangun). Just writing without editing.

Hasilnya, alhamdulillah bisa menulis minimal 500 kata terselesaikan tanpa terasa.

6. Mandi

Mandi
Mandi Air dingin

Mandi pagi sebetulnya bagus buat kesehatan. Tapi untuk yang ini tergantung situasi. Lembang udara dan airnya dingin banget, jadi kalo lagi kuat ya aku mandi pagi hehe..

Bisa juga sih pakai air hangat cuma rasanya gak akan sesegar air dingin.

7. Ngeteh/Ngopi

kopi pagi
Mood booster wajib pagi hari

Ini ritual wajib aku. Perut kosong belum siap nerima makanan tapi udah lapar. Aku biasa minum teh tawar hangat atau buat kopi. Itu aja udah cukup sih. Pagi gak ngopi jadi kurang istimewa. Makanya ini wajib dilakukan.

8. Lakukan tugas pertama yang paling berat.

Apa tugas pertama yang berat banget untuk dilakukan?

Gara-gara tugas itu semua jadi ketunda. Supaya beres, curahkan waktu lebih besar dan kerjakan tugas itu di awal hari.

Misal sudah buat target untuk menulis 60 menit per hari. Buat aku, untuk menulis butuh fokus yang tinggi dan waktu yang cukup. Jika dalam sehari gak nulis, ada rasa gagal dalam manajemen waktu. Jadi, aku gunakan waktu lebih besar dan di pagi hari saat anak-anak belum bangun.

9. Apresiasi diri jika tugas berat itu selesai sesuai jadwal

Akhir hari, evaluasi to do list yang sudah dibuat. Berapa pekerjaan yang sudah terselesaikan? Jika, semua selesai. Ayo buat list baru untuk besok hari. Jangan kecil hati, jika ada yang belum terlaksana. Kita sudah berusaha hebat hari ini.

Sebaiknya, hadiahi sesuatu untuk diri sendiri yang sudah berusaha. Meskipun, itu hal kecil. Misal bisa nonton drakor 1 episode, atau apapun yang bisa buat kita bahagia. Karena, disiplin bagi diri itu tidak mudah. Buat diri kita berharga dengan menghargai diri sendiri.

Dari kesembilan rutinitas di atas, ada yang sudah melakukannya? Atau ada ide lain untuk kita semakin produktif? Jangan sungkan share di kolom komentar ya.

#onedayonepost #day2

9 Rutinitas Pagi yang Terbukti Buat Hari Lebih Produktif
Tagged on:                             
Nurul Afiati

Nurul Afiati

Hai, it's me. Seorang ibu dari dua anak super aktif. Penulis, blogger dan penikmat kopi.

5 thoughts on “9 Rutinitas Pagi yang Terbukti Buat Hari Lebih Produktif

  • Avatar
    September 9, 2020 at 7:08 am
    Permalink

    kadang aku rindu banget aktivitas aku yg teratur kayak gini mbaa. Habis baca ini langsung full termotivasi untuk bisa bergerak terutama bisa dzikir pagi, solat dhuha nih dan list pekerjaan biar ga menumpuk

    Reply
    • Nurul Afiati
      September 9, 2020 at 10:39 pm
      Permalink

      Semoga bisa mulai lagi dan istiqomah ya 😊 yuk saling support

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: