Sebagai ibu rumah tangga, waktu 24 jam seringkali berakhir tanpa terasa. Tugas domestik yang hampir gak ada habisnya, membuat kita terus sibuk mengerjakan ini-itu. Lalu, di ujung hari ditutup dengan tertidur kelelahan.

Di awal aku menjadi ibu RT, terasa waktu berjalan cepat tapi kok diri ini gini-gini aja. Sempat merenung, kalau setiap harinya begini, apa yang bakal terjadi?

Voilà, ternyata gak butuh waktu lama untuk sadar banyak waktu yang terbuang percuma. Jika aku hanya terpaku pada kegiatan domestik saja. Sebagai ibu, pengembangan diri menjadi sangat penting, karena dalam agama Islam. Ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya.

Itu artinya kecerdasan intelegensia, emosional dan spiritual anak bergantung pada kecerdasan seorang ibu.

Kesadaran itulah, yang buatku berpikir. Apa yang harus dilakukan untuk berkembang dengan keadaan sebagai ibu rumah tangga?

Focus on being productive, instead of busy

Tim Ferriss, entrepreneur

Ternyata, banyak caranya. Semua bergantung pada kesukaan, dan keahlian kita sendiri. Contohnya menulis, cara yang kupilih untuk berkembang. Dengan menulis, aku bisa lebih berekspresi, percaya diri dan kreatif mengeksplorasi banyak hal.

Seorang teman, ada yang memilih berbisnis. Lewat bisnis, dia berkembang menjadi pribadi yang lebih berani, mandiri dan mudah beradaptasi.

Teman lainnya, memutuskan untuk berkembang lewat memasak. Hasil masakannya membawa dia untuk memiliki usaha catering.

Ada lagi, yang suka berkebun. Beraktualisasi dengan bertanam, membuat dia berkembang di bidang pertanian. Poin plusnya, jelas rumahnya asri, indah dan sejuk oleh dekorasi tanaman yang dia rawat.

Dari contoh di atas,  kita dapat menangkap alasan penting untuk tetap produktif. Tapi, supaya lebih mantap, aku rangkum 7 alasan lainnya ya!

1. Kesehatan mental dan fisik.

7 Alasan produktif ibu rumah tangga
Kesehatan penting untuk menunjang aktivitas seorang ibu

Dengan produktif, setiap hal yang ingin dikerjakan pasti terselesaikan. Ada semacam rasa puas ketika kegiatan itu terselesaikan dengan baik. Secara fisik, tubuh terus bergerak, dan mental terjaga dari stres dan depresi yang tidak perlu.

2. Menghargai arti hidup dan jadi orang bermanfaat.

7 Alasan produktif ibu rumah tangga
Sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya

Kita tahu, bahwa usia hidup seseorang tidak ada yang tahu sampai kapan. Berlaku pada diri pula, maka orang produktif akan selalu menghargai arti kehadirannya di dunia. Tidak akan, kesempatan untuk hidup setiap harinya di sia-siakan. Maka, secara otomatis dia akan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang sekitar.

3. Punya tujuan untuk masa depan

7 alasan produktif ibu rumah tangga
Udah punya goals?

Alokasi waktu yang kita punya akan terorganisir dengan baik. Masa depan pun terencana matang, meskipun semua hal ujungnya adalah kehendak Allah SWT. Selagi produktif, hasil akan mengikuti. Buatlah goals yang menantang untuk kita realisasikan.

4. Menambah pemasukan

Nah, ini yang paling disukai pastinya. Memiliki pemasukan tambahan adalah bentuk rezeki atas produktivitas kita. Jadi semakin produktif , semakin baik.

5. Pemikiran terbuka, optimis.

Berpikir terbuka akan fokus pada solusi dan optimis menyikapi keadaan. Meski genting sekalipun. Sementara, jika berpikiran sempit hanya fokus pada masalah aja, tanpa mampu mendapat solusinya. Jika sebagai ibu RT tetap produktif, mindset yang tertanam akan berbeda dengan orang santai, dan tidak berbuat apa-apa. Jadi, semangat Moms! untuk jaga produktivitas di tengah pandemi ini.

6. Dijauhi hal negatif

Orang yang tidak produktif akan punya banyak waktu untuk bergunjing dan melihat kesalahan orang lain. Selain dosa bertambah. Hal negatif lama-lama akan merusak mental dan menurunkan rasa bahagia. Gak mau kayak gitu kan moms?

7. Bahagia

Sudah jelas, orang produktif pasti akan selalu bahagia. Karena setiap proses pengembangan dirinya dilakukan dengan sabar, dan terasa dampaknya pada diri. Bukan melulu soal uang, bahagia bisa didapat pula dengan  keahlian.

Itulah ketujuh alasan penting untuk kita, agar semakin produktif. Buat pembaca semua, yang punya alasan kuat lain untuk produktif bisa di ceritakan di kolom komen dibawah ya! Seru banget kalau kita saling berbagi.

Salam,

#ODOP #onedayonepost

 

7 Alasan Pentingnya Produktif Bagi Seorang Ibu
Tagged on:         
Nurul Afiati

Nurul Afiati

Hai, it's me. Seorang ibu dari dua anak super aktif. Penulis, blogger dan penikmat kopi.

2 thoughts on “7 Alasan Pentingnya Produktif Bagi Seorang Ibu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: