5 Hal yang Terjadi pada Masa Pandemi di Dunia Literasi Digital

August 25, 2020 By Nurul Afiati

Melihat perkembangan yang terjadi selama pandemi ini, perkembangan literasi digital menurutku adalah yang paling pesat kemajuannya. Semua aktivitas yang biasanya kita lakukan kini harus menggunakan perangkat teknologi. Meski awalnya terpaksa karena keadaan, tetapi hal positifnya adalah pemahaman masyarakat terhadap literasi digital semakin meningkat.

Eits, lupa. Sebelum bahas terlalu jauh, kita intip KBBI dulu yuk, arti kata dari literasi digital. Menurut KBBI,

Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami informasi berbasis digital.

Dengan kata lain, maraknya penggunaan internet saat ini menandakan kemampuan literasi digital masyarakat semakin baik.

Melihat keadaan selama pandemi, sedikitnya ada 5 hal yang terjadi di dunia Literasi digital selama masa pandemi yang mungkin tidak kita sadari. Simak satu persatu yuk!

1. Perubahan gaya hidup yang berpusat pada internet

literasi digital

Terbatasnya aktivitas selama masa pandemi, membuat gaya hidup manusia seluruh dunia saat ini bergantung pada internet. Tidak hanya bekerja, bahkan semua aktivitas belajar, berolahraga, hiburan pun dilakukan dengan menggunakan internet. Tren masakan, minuman, juga aplikasi marak diperbincangkan di dunia online. Seakan menjadi obat kegalauan semua orang selama harus berjauhan.

Hal positif yang bisa didapat adalah sebagai sesama manusia kita bisa saling menguatkan dan berbagi dengan orang lain. Komunitas sosial pun mampu menggerakan seseorang untuk saling membantu para tenaga kesehatan, penderita covid, juga masyarakat untuk bersama melawan wabah yang masih bertahan ini.

Sebagai seorang ibu, gaya hidup yang paling terasa berubah adalah ketika semua ibu jadi lebih kreatif untuk memasak. Di instagram, youtube atau cookpad tiba-tiba muncul beragam resep kreasi dapur para emak yang memotivasi emak lain untuk ikutan mencoba. Belum lagi, artikel-artikel tentang aktivitas seru yang bisa dilakukan di rumah juga memberi tantangan untuk kita menjadi kreatif mengisi waktu luang.

Tidak hanya itu, baca buku pun sekarang bisa dengan ebook. Beragam judul ada di internet baik itu gratis atau berbayar. Luaarr biasaa

Internet telah menjadi pusat dari segala kegiatan yang dilakukan manusia dari kecil hingga tua.

2. Kreativitas berkembang dalam pembuatan konten informasi.

kreativitas

kreatif dalam penyajian informasi

Aku paling suka ketika mengeksplor pinterest atau instagram, banyak sekali informasi yang kemasannya menarik. Semakin kesini konten instagram pun makin variatif dengan satu tema tersendiri. Microblog jadi favorit. Singkat, ringkas dan bermanfaat.

Inilah tanda kreativitas literasi digital semakin meningkat. Sehingga pembaca tak pernah bosan meskipun informasi semakin banyak.


3. Sulit menilai informasi hoax dengan yang asli

Bertambahnya informasi yang diterima, bertambah pula opini-opini netizen yang tersebar. Di balik sebuah peristiwa, tiba-tiba ada saja kabar mengenai konspirasi di dalamnya. Terjadilah percampuran antara berita nyata dan berita hoax.

Bijak dalam menilai suatu informasi menjadi penting saat ini. Karena tidak semua hal yang kita dapat itu benar adanya. Sebagai pengguna internet, kemampuan menilai informasi secara kritis sangat diperlukan.


4. Kakek-nenek mulai paham internet

literasi digital

Bukan hanya generasi muda saja yang menggunakan internet.

Cerita menarik dari seorang nenek. Ketika sekolah cucunya mulai memberlakukan sekolah online, kendala teknologi pun mulai terjadi. Awalnya, beliau merasa kebingungan jika harus menggunakan perangkat komputer. Tetapi, karena sudah menjadi kebutuhan dan demi cucunya, lambat laun beliau mulai terbiasa menggunakan zoom dan youtube. Alhasil, yang terjadi sekarang adalah tablet cucunya dipakai untuk reunian di facebook sama teman-temannya (itu kisah nyata hihi).

5. Pilihan belanja semakin banyak

Melek literasi digital berpengaruh pada pertumbuhan bisnis online. Pengangguran yang menjamur juga menjadi faktor mulainya seseorang berbisnis. Ternyata kepepet pun menjadi modal untuk seseorang berani berwirausaha.

Buktinya, sekarang postingan jualan lebih banyak beredar dibanding curhatan hihi..

Itu pula yang aku alami, toko online baju anak lebih sering aku posting dibanding tulisanku. Eh, maaf jadi promosi hehe

Selagi itu positif, tidak salahnya memanfaatkan untuk kebutuhan hidup kita ya

One of the most important things you learn from the internet is that there is no’them’ out there. It’s just an awful lot of ‘us’

Douglas Adams

Itulah lima hal yang terjadi di dunia literasi digital selama pandemi di tahun 2020 ini. Semoga perkembangan literasi digital ini diikuti dengan kedewasaan kita dalam menggunakannya ya.